Perpustakaan Dulu dan Kini

Pengalaman pertama berkunjung ke perpustakaan waktu masih duduk di bangku Sekolah Dasar (SD) kelas 1.
Awalnya bingung karena banyak sekali buku yang berjejer rapi di rak, tapi lama kelamaan jadi senang karena bisa membaca buku sebanyak itu dengan gratis.
Saat itu bisa beli buku merupakan hal yang mewah untuk penulis, meminjam buku di perpustakaan sekolah jadi satu-satunya pilihan.

Perpustakaan sekarang ini tidak hanya sebagai tempat untuk membaca buku atau sekadar bersosialisasi dengan pengunjung lainnya, tetapi juga sebagai tempat untuk berbagai kegiatan. Kemajuan teknologi dan informasi tidak menyurutkan pengunjung untuk datang ke perpustakaan. Tentunya perpustakaan sudah berinovasi untuk menarik minat pengunjung seiring dengan perkembangan zaman. Banyak hal baru yang kini bisa didapat di perpustakaan.




1. Mengedukasi masyarakat
Perpustakaan adalah tempat untuk memberikan informasi melalui berbagai sarana. Kalau dulu hanya melalui buku, kini bisa didapat melalui akses digital. Perpustakaan saat ini banyak yang sudah memiliki software perpustakaan sendiri dan bahkan dikembangkan sendiri, sehingga mempermudah pencarian database literasi dan pengunjung.
2. Menarik masyarakat
Beragam literasi yang ada di perpustakaan, serta banyaknya event yang diadakan menarik animo masyarakat untuk mengisi waktu luangnya di perpustakaan.
3. Menghubungkan antar individu
Bersosialisasi dengan para pengunjung, berinteraksi dengan sesama.
4. Melatih softskill
Khususnya untuk petugas perpustakaan, bisa meningkatkan softskill di bidang pelayanan publik. Berinteraksi dengan pengunjung, membantu pengunjung dalam mencari informasi.
5. Ajang aktifitas dan kreatifitas
Perpustakaan bukan hanya wadah yang berhubungan dengan literasi, tetapi juga untuk meningkatkan aktifitas dan kreatifitas para pengunjung.
6. Tempat strategis untuk berbagai kegiatan
Saat ini banyak perpustakaan yang sudah dilengkap dengan banyak fasilitas dan pelayanan baik, sehingga dapat dijadikan untuk berbagai kegiatan seperti workshop, seminar dan event lainnya.

Salah satunya di UPT. Perpustakaan Unsyiah. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala (Unsyiah) didirikan pada tahun 1970 dan tahun 1994 mulai memiliki gedung sendiri. Saat ini, Perpustakaan Unsyiah memiliki koleksi sebanyak 75.114 judul atau 136.925 eksemplar. Koleksi tersebut tersebar dalam berbagai jenis, meliputi buku teks, terbitan berkala (jurnal), laporan akhir, skripsi, tesis, disertasi, majalah, buku referensi, laporan penelitian, CD-ROM dan dokumentasi. Koleksi pada perpustakaan juga tidak hanya terbatas pada koleksi tercetak saja, namun perpustakaan juga telah melanggan e-book dan e-journal pada beberapa penerbit internasional.
Sejak 2016, Perpustakaan Unsyiah rutin menyelenggarakan Unsyiah Library Fiesta (UFL). Unsyiah Library Fiesta punya tema yang berbeda setiap tahunnya. Uniknya, Perpustakaan Unsyiah juga mempunyai Duta Baca Unsyiah yang menjalankan berbagai program menarik.  Hal ini menjadikan event Unsyiah Library Fiesta selalu menarik perhatian pengunjung.
Gambar di bawah adalah tema lomba blog Unsyiah Library Fiesta yang diadakan oleh Perpustakaan Unsyiah sejak tahun 2016.



Tahun 2020 ini, Perpustakaan Unsyiah mengadakan Unsyiah Library Fiesta dengan tema Educate, Captivate, Connect.
Educate, Captivate, Connect merupakan tiga kata utama untuk menggambarkan perpustakaan, tetapi lebih dari itu kesan yang ditinggalkan saat berkunjung Unsyiah Library Fiesta memberikan motivasi dan inspirasi untuk pengunjung.
Unsyiah Library Fiesta 2020 mengadakan 6 lomba, diantaranya :
1. Akustik ULF 2020
2. Blog ULF 2020
3. Baca Puisi ULF 2020
4. Cipta Puisi ULF 2020
5. Debat ULF 2020
6. Shelving ULF 2020

Melihat Perpustakaan Unsyiah yang semakin bagus, penulis jadi ingin berkunjung langsung ke Perpustakaan Unsyiah, hehe.
Harapan penulis semoga Unsyiah Library Fiesta bisa terselenggara rutin setiap tahunnya sebagai wadah bagi pengunjung khususnya mahasiswa Unsyiah, untuk menampilkan bakatnya. Tidak hanya literasi, tapi juga melalui musik, seni, talkshowworkshop, seminar dan yang lainnya.

You may like these posts

Post a Comment